Jumat, 09 Mei 2014

Let's be Calm

Assalamualaikum…

Kembali bersama dengan Key di sini, dalam sebuah blog yang berjudul Monkey Teen (*Heh apaan?! Kenapa jadi sok kayak reporter gitu -_-“). Okey maafkan Key karena sudah jarang updet. Maunya sih tiap bulan minimal bikin satu artikel, tapi apa mau dikata, Key super duper sibuk (*oass sok ngartis lu key). Dan lagi, untuk bikin  1 artikel, Key harus survey dulu ke temen – temen. Karena bagi Key, sebuah artikel yang isinya copas – copas aja, sama aja HOAX. Bagi Key, artikel yang bermutu adalah artikel yang truth, solutif, berbobot dan yang pastinya komunikatif (*biar para reader nggak boring).

Haduh mentang – mentang Key jarang updet, pembukaaan aja segitu panjangnnya -__-. Kali ini Key bakal bahas tentang “Let’s be Calm”. Sebenernya ini artikel buat cewek sih, tapi kaum adam juga nggak apa baca kok ^^. Itung – itung biar tau seluk beluk cewek getoh. Hehehe
Key ngangkat tema “Let’s be Calm” ini berawal dari pengalaman pribadi Key.  Jadi gini, Key termasuk cewek yang dalam katagori aktif atau bahkan bisa dibilang pencilakan. Padahal menurut key biasa aja.

Pernah nggak sih kamu ndenger temen cowok kamu bilang “Makanya jadi cewek itu yang kalem. Jangan banyak tingkah. Entar cowok ngejauh lho” Key sempat naik pitam waktu ada teman cowok Key berkata seperti itu. “Halah itukan emang tipe mu aja. Sukanya sama cewek yang kalem, lembut. Coba deh kalau kalian pacaran sama cewek kalem yang terlalu, bisa – bisa ngedate kayak kuburan. Gak ada yang berani ngomong.” Itu kata – kata yang sempat Key lontarkan.

Dulu, di mata Key cewek yang kalem itu (*maaf nih ya bagi cewek kalem)  cewek yang lemah. Cuman bisa ngomong “iya” & yang pasti keseringan MBATIN. Kalau gak gitu mereka bakal ngomong tapi ditahan.

Sedangkan cewek yang supel dan (sering dikatakan) Pencilaan, lebih mudah untuk mengatakan apa yang ada di dalam otak dan batinnya. Ketika batin dia berkata “tidak”, maka mulut mereka juga akan berkata “tidak”. Cewek kayak gini nggak suka yang namanya mendem – mendem alias mbatin. Mereka kadang kalau ngomong juga suka asal ngomong. Karena ya itu tadi, mereka gak suka mendem.

Tapi cewek yang supel dan (sering dikatakan) Pencilaan, termasuk Key, juga sering ngiri sama cewek kalem. (*Duh truth lagi) Contoh nih ya, Key kadang suka ngiri sama temen – temen Key yang kalem, waktu mereka lagi pake outfit selain sergam sekolah (pakaian bebas). Mereka tampak cantik memakai outfit apapun. Mereka juga selalu terlihat rapi. Satu hal yang paling bikin Key dan para cewek pencilaan ngiri adalah, saat melihat cewek kalem pake rok (*bukan rok sekolah lho ya), atau pakai busa muslim. Subhanallah, mereka sangat terlihat anggung dan cantik.

Cewek pencilaan sering jalan – jalan muterin kelas atau bahkan muterin sekolah (*Kebiasan Key terkuak lagi). Ini nih yang menyebabkan cewek pencilaan dan supel sering dibilang cewek caper (*HEH APAAN). Tapi kebanyakan cewek supel & pencilaan, sering cuek sama bulian yang kayak gini.Karena sebenarnya mereka melakukan hal itu karena lagi boring di kelas, mencari info tentang kelas lain, atau sekedar ingin mencari udara segar & menyapa teman – teman yang lain (*nggak tau lagi kalau yang lainnya hehehe).

Sedangkan cewek kalem, 100% aman dari cap cewek caper. Yayalah cewek kalem itu kebanyakan pendiam & hanya bicara saat ada yang penting atau hal yang wajib dibicarakan (* yah walaupun Key belum bisa menjamin 100% benar).

Dari beberapa pengalaman diatas, Key masih saja bersikeras untuk stay jadi cewek pencilaan. Because “This is me” yeah! Sampek akhirnya batin Key terketuk oleh sebuah film (*alaynya mulai muncul wes). Pada film tersebut, tokoh lelakinya tertarik pada seorang wanita. Namun wanita itu tak yakin dengan perasaan yang dimiliki oleh sang pria. Kemudian Pria itu  berusaha meyakinkan primadona hatinya dengan berkata,

“Seorang wanita haruslah menjadi pribadi yang hangat dan mampu menenangkan hati orang lain. Karena kelak, ia juga akan menjadi seorang istri & seorang ibu yang akan menenangkan hati sang suami juga anaknya yang sedang gelisah. Itulah yang kurasakan dari mu”

Saat itulah Key jadi sadar bahwa menjadi kalem itu sebuah keharusan. Bagaimana kita bisa menenangkan orang yang kita sayangi, kalau kita sendiri tak mampu menenangkan diri kita?

Maka kita sebagai perempuan, memang menjadi kewajiban kita untuk menjaga tutur kata hingga perilaku. Bahkan Allah berfirman :
فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ الله لِنتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظّاً غَلِيظَ القلب لاَنْفَضُّواْ مِنْ حَوْلِكَ
 Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu.” (QS. Ali Imron: 159).

Yang dimaksud dengan bersikap keras di sini adalah bertutur kata kasar. Dengan sikap seperti ini malah membuat orang lain lari dari kita.

Kawan, cewek kalem bukanlah cewek lemah. Cewek kalem adalah cewek yang sangat kuat. Mereka mampu menahan amarah, mampu menjaga tutur kata dan menurut Key, yang paling penting adalah cewek kalem selalu menjaga auratnya. Karena aurat perempuan bukan hanya seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan, melainkan tutur katanya.
Segini dulu ya artikel kali ini. Semoga kita bisa menjadi perempuan yang baik & solehah dimata manusia dan tentunya Allah. Amin.

Oh ya, Key menerima kritik dan saran dari para reader kok. Kalian juga bisa kasih ide tentang tema di artikel selanjutnya. Mention aja ke twitter atau kirim ke e-mail Key yah. Di tunggu ^^

Wassalamualaikum.. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar